Berubah Bersama Alquran

Perubahan itu niscaya. Begitu pepatah mengatakan. Bahkan, tidak ada yang tidak berubah, kecuali perubahan itu sendiri. Bagi kita, perubahan memang sunatullah kehidupan. Bentuk fisik dan hidup kita pun terus memperlihatkan perubahan. Dulu kita masih kecil, sekarang kita sudah seperti ini. Berubah. Dulu, kita hanya setinggi 100 cm, sekarang kita sudah setinggi ini. Berubah.

Sering perubahan yang kita alami dalam hidup ini hanya sekedar perubahan fisik. Bentuk tubuh, tinggi badan, berat badan, dan hal fisik lainnya. Tidak demikian halnya dengan psikologis kita. Kedewasaan kita. Kepakaran kita, keilmuan kita. Termasuk kemampuan kita. Sering bertambahnya bilangan usia tidak otomatis bertambah juga ilmu, kemampuan juga kedewasaan kita.

Mari berubah juga. Itu pasti. Mari ubah hidup kita agar masa depan kita pun berubah menjadi lebih baik. Bukankah demikian Allah janjikan. Siapa yang mau mengubah dirinya, pasti Allah ubah nasibnya.

“Sesungguhnya ALLAH tidak akan mengubah keadaan (nasib) suatu kaum, sampai kaum itu mengubah APA-APA yang ada pada DIRI mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’du 11)

Lalu apa yang harus kita ubah agar nasib kita berubah jadi lebih baik? Dari ayat di atas, Allah menggambarkan bahwa yang harus kita ubah adalah “APA-APA” yang ada dalam diri kita. “Apa-apa” yang ada dalam diri kita ini tentu bukanlah pakaian kita, perhiasan kita, bentuk fisik kita yang akan mengubah nasib kita. Lebih dari itu, “apa-apa” yang ada dalam diri kita itu adalah pola pikir kita, cara pandang kita, sikap kita, pilihan kita. Termasuk di dalamnya skill dan kemampuan kita, ilmu kita, kedewasaan kita, kejujuran kita, keikhlasan kita, kekhusuan kita, kesabaran kita, semangat kita. Dan semua sikap hidup kita yang bisa mengantarkan pada perubahan nasib kita.

Pertanyaannya, bagaimana dengan diri kita hari ini? Sudahkah kita menapaki perubahan sikap, pola pikir juga pilihan agar menjadi lebih baik? Sudahkah kedewasaan kita berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya? Sudahkah semangat hidup kita jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya? Sudahkah ilmu kita makin mumpuni dibandingkan hari sebelumnya? Sudahkah ibadah kita jauh lebih khusus dari sebelumnya? Sudahkah usaha kita jauh lebih sunggung-sungguh dari sebelumnya?

Tentunya, perubahan terbaik itu ketika kita menjalaninya bersama Alquran. Karena Alquran adalah inspirasi perubahan hidup kita. Untuk itu, Ahad besok (9 Nopember), kami akan menggelar event Amazing Muharram. Sebuah pentas DocuCinemaTrainment yang menghadirkan pembicara juga tokoh perubahan yang akan menginspirasi perubahan bagi kita. Tak hanya agar kita bisa berubah tapi juga bagaimana agar kita juga bisa menjadi agen perubahan, yang bisa juga menginspirasi perubahan tentunya dengan Alquran. In syaa Allah akan hadir para pembicara selain saya, diantaranya: Ust, Fatih Karim, Teh Peggy Melati Sukma, Bang Teuku Wisnu, Pak Jamil Azzaini (Inspirator Sukses Mulia), Ust Bobby Herwibowo. Tak hanya itu acara ini juga akan dimeriahkan oleh Snada Junior dan Raef.

Hadir yah…

Yuk berubah, yuk berbenah agar masa depan kita, nasib kita Allah ubah jadi lebih baik. In syaa Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + nine =

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top