Dua Kunci Sukses dan Bahagia

Sukses dan Bahagia. Ah, sempurna sudah hidup kita saat dapati keduanya ada. Bagaimana tidak, sukses kita dapatkan apa yang kita harapkan. Bahagia menikmati apa yang jadi kesuksesan. Karena bisa jadi ada yang sukses tapi tidak bahagia. Ada juga yang bahagia tapi tidak terlalu sukses. Maka wajar dong kita berlomba-lomba mendapatkan keduanya; sukses dan bahagia. Berbagai cara dan langkah coba kita tempuh untuk mendapatkannya. Berbagai pola dan tips kita coba terapkan. Ada yang berhasil ada juga yang tidak.

Ternyata, kunci sukses dan bahagia itu ada dua: ikhlas dan tawakal. Dua kunci ini yang diajarkan oleh manusia terbaik sepanjak masa, Rasulullah Saw. Karena dengan ikhlas menjadikan hidup penuh jadi penuh bahagia, dengan tawakal menjadikan langkah menuju sukses kian yakin sempurna tak terpatahkan.

Ikhlas adalah kunci datangnya bahagia. Itu yang Rasulullah Saw ajarkan. Dengan keikhlasan, sukanya jadi penuh kesyukuran, dukanya jadi penuh kesabaran. Dengan keikhlasan, berlimpahnya harta tak jadikan kita penuh kesombongan, papanya harta tak jadikan kita kosong dari keimanan. Dengan keikhlasan pula, menikahnya jadi penuh keindahan, juga menantinya jadi penuh ketenangan. Karena keikhlasan akan menjadikan hati kita tetap tenang dalam segala suasana dan kondisi yang ada. Hati tak sombong karena ada, hati juga tak sakit karena tak ada.

Sedangkan kesuksesan itu berawal dari sikap tawakal kepada Allah Swt. Dengan tawakal, menjadikan langkah kian yakin dan penuh kesungguhan bahwa Allah selalu menyertai kita. Dengan tawakal pula, tak pernah surut semangat karena gagal, tak pernah menyerah karena kalah. Dengan tawakal, sulitnya melahirkan kreatifas, mudahnya menjadikan upaya kian sempurna kita upayakan. Dengan tawakal, panjangnya langkah jadi penuh keyakinan, sedangkan dekatnya harap kian penuh kemantapan. Karena tawakal menjadikan upaya maksimal dilaksanakan. Karena tawakal menjadikan hati yakin bahwa Allah pasti memberi pertolongan.

Dapatilah indahnya dan bahagianya hidup dengan keikhlasan. Dan rauplah kemenangan, sukses dan keberhasilan dengan tawakal pada Sang Maha Menguatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 − one =

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top