Hijrah Yuk

Yuk Hijrah

Kita ini makhluk yang pasti punya salah dan dosa. Tidak sempurna. Ada saja kekurangannya. Ada saja kesalahannya. Baik yang disengaja maupun tidak. Disadari atau pun tidak. Begitulah tabiat kita.

Maka Allah perintahkan kita untuk bertaubat setiap kita melakukan salah dan khilaf. Beristighfar lalu bertekat di hadapan Allah untuk tidak mengulanginya lagi. Itulah hijrah.

Kita punya kebiasaan buruk, lalu kita tersadar itu tada manfaatnya. Itu salah, itu tak bermanfaat untuk akhirat kita. Lalu kita berusaha untuk berbenar, memperbaiki diri, mengubah kebiasaan buruk kita, meninggalkannya lalu membuat kebiasaan baru. Itulah hijrah.

Faktanya hari ini geliat hijrah begitu luar biasa. Artis pada hijrah. Penguasa pada hijrah. Semua demi perbaikan diri tentunya. Awalnya tidak suka islam, kini jadi pembela Islam. Awalnya nggak demen kajian, sekarang jadi ketagihan kajian. Awalnya tak suka datang ke forum pengajian, kini justru malah bikin forum kajian. Itulah hijrah.

Awalnya pakai riba, pinjam sana, pinjam sini, demi ngembangin bisnis. Kini sadar bahwa riba itu haram. Lalu selangkah demi selangkah beralih jadi bisnis syariah. Beresin hutang riba, tak lagi menggunakannya, lalu bertekat untuk bersih dari semua itu. Itulah hijrah.

Lalu bagaimana dengan kita? Yuk terus berhijrah. Meninggalkan yang Allah haramkan; menunaikan apa yang menjadi kewajiban. Rasulullah Saw bersabda,

“Seorang muslim adalah orang yang menjadikan kaum muslim selamat dari lisan dan tangannya. DAN ORANG YANG BERHIJRAH ADALAH ORANG YANG MENINGGALKAN APA SAJA YANG DILARANG OLEH ALLAH ATASNYA.” (HR al-Bukhari, Abu Dawud, an-Nasa’i, Ahmad, Ibn Hibban, al-Humaidi).

Hijrah berarti meninggalkan yang diharamkan. Nggak usah khawatir, hijrah kita tidak akan pernah sia-sia di sisi Allah selama kita ikhlas menjalaninya. Allah sudah sediakan kebaikan demi kebaikan dunia dan akhirat bagi kita yang ikhlas berhijrah.

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar: 53).

“Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak.” (An-Nisaa/4 : 100)

Ya Allah, istiqomahkanlah kami di jalan hijrah ini. Aamiin.
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + eight =

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top