Kerja Itu Ibadah

Bagi kaum lelaki yang sudah baligh (dewasa), mencari nafkah itu kewajiban. Terlebih ketika ia sudah menikah, maka ia wajib menafkahi tidak hanya dirinya tapi keluarganya, istri dan anak-anaknya. Bahkan, bagi seorang lelaki, ia masih punya kewajiban untuk menafkahi kedua orang tuanya. Berbeda halnya dengan perempuan. Sebelum ia menikah, ia tak wajib mencari nafkah karena nafkah dia menjadi kewajiban orang tuanya atau walinya. Begitu juga ketika sudah menikah, tak ada kewajiban baginya untuk mencari nafkah, karena nafkah hidupnya menjadi tanggungan suaminya. Kecuali ketika suaminya tidak bisa memenuhi nafkah keluarga atau ingin membantu suami, sang istri dibolehkan bekerja atas ijin suaminya selama tidak mengabaikan tugas utama dia sebagai ibu bagi anak-anaknya dan istri bagi suaminya.

“Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shlat, puasa, dll).” (HR Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)

Mencari nafkah bisa dengan bekerja, bisa juga dengan berbisnis. Semuanya sama nilainya di sisi Allah Swt, selama halal dan dilakukan dengan cara yang benar. Jadi, tak perlu mempertentangkan mana yang lebih mulia di sisi Allah. Allah Yang Maha Tahu. Selama pekerjaan kita halal, bisnis kita halal dan kita kerjakan dengan cara yang halal pula, semuanya pasti bernilai kemuliaan di sisiNya. Karena mencari nafkah itu kewajiban, dan pasti yang namanya kewajiban ada nilai pahala di sisiNya.

Bagi yang tidak berbisnis, memilih untuk bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing, tak perlu khawatir, itu juga adalah ibadah. Ada nilai pahala di sisi Allah ketika kita bekerja di tempat yang halal, pekerjaannya juga halal dan kita lakukan dengan cara-cara yang halal ketika bekerja. Selama itu dilaksanakan, in syaa Allah pahala mengalir pada setiap pekerjaan kita.

Allah Swt berfirman: “Barangsiapa mengharapkan perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah dia mengerjakan amal saleh dan janganlah dia mempersekutukan Tuhannya dalam beribadah dengan sesuatu apapun.” (QS. al-Kahfi: 110)

Sehingga bagi kita para perindu Surga, mengerjakan amal sholih itu keharusan sebagai bentuk syukur dan ketundukan kita pada Rabb kita. Termasuk salah satunya dengan bekerja. Itu pun salah satu amal sholih. In syaa ALlah. Bahkan, pahala bagi para pekerja (yang mencari nafkah) balasan amalnya begitu mulia.

Rasulullah Saw bersabda, “Barang siapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah ‘azza wa jalla.” (HR Ahmad)

Tak hanya itu, bekerja menjadi penentu kemuliaan dan derajat seseorang di hadapan manusia yang lain. Imam Ar-Raghib al-Ishfahani pernah berkata, “Siapa saja yang tidak mau berusaha dan bekerja maka nilai kemanusiaannya telah rusak bahkan nilai kebinatangannya, dan menjadi orang yang telah mati.”

Dari Muhammad bin Ashim, dia berkata, “Telah sampai berita padaku bahwa Umar bin Khatab ra. Jika melihat pemuda yang membuatnya kagum, maka ia akan menanyakan perihal anak itu, ‘apakah anak itu memiliki pekerjaan?’ jika dikatakan, ‘Tidak’, maka ia akan berkata, ‘Telah jatuh satu derajat anak muda itu di mataku’.”

Betapa mulianya aktivitas mencari nafkah, bekerja (bisnis). Mudahnya semoga itu anugerah, sulitnya semoga itu menjadi penebus dosa. Maka, bila kita memahami bahwa bekerja itu ibadah bagaimana mungkin kita akan biasa-biasa saja dalam bekerja, malas-malasan dalam bekerja bahkan mengabaikan halal-haram dalam bekerja. Bagaimana mungkin pula bagi seseorang yang menyadari bahwa ibadah itu bekerja ia akan merasa bosan untuk bekerja? Semoga Allah jadikan kita menjadi para pekerja (bisnis) yang sholih, yang setiap nilai usahanya adalah ibadah. Bagi kita, bekerja bukan sekedar mencari nafkah, membahagiakan yang dicinta, tapi bekerja adalah bentuk ketundukan kita pada Allah Swt, mengejar ridha dan pahala dariNya, karena bekerja itu ibadah.

“Dan Kami jadikan malam sebagai pakaian. Dan Kami jadikan siang untuk penghidupan.” (QS An-Naba: 10-11)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 17 =

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top