Sebab Kecil Akibatnya Besar

Pernah mengalami suatu ketika melakukan perjalanan atau pekerjaan ternyata tidak tuntas atau malah yang terjadi justru keburukan? Bisa jadi kecelakaan, bisa jadi kerjaan nggak kelar-kelar, atau bisa jadi pekerjaan kelar tapi tidak sesuai dengan harapan, atau bisa juga maunya begini eh malah yang terjadi begitu? Jika pernah yuk kita introspeksi diri. Bisa jadi sebabnya ada pada diri kita, sesuatu yang kecil tapi berefek besar terhadap urusan kita.

Dari Anas bin Malik ra, ia berkata, “Sesungguhnya Nabi Saw bersabda: “Jika seseorang keluar dari rumahnya, lalu ia membaca:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

“Dengan nama Allah, aku bertawakkal hanya kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.”

Maka dikatakan kepadanya, “Engkau telah mendapat petunjuk, engkau tercukupi dan engkau telah terjaga (terbentengi)” Sehingga para setan lari darinya. Setan yang lain berkata, “Bagaimana urusanmu dengan seseorang yang telah mendapat petunjuk, tercukupi dan terbentengi?!” (HR. Abu Dawud)

Subhanallah, ternyata sebuah keburukan dari perjalanan kita atau urusan kita sebabnya “sederhana”. Bisa jadi urusan kita tidak kelar atau kelar sih tapi tidak sesuai dengan harapan, sebabnya ternyata sangat kecil. Kita tidak mengawali saat kita keluar dari rumah dengan “bismillah” sebagaimana doa di atas. Sebabnya kecil tapi berefek besar.

Allah Swt melalui sabda Rasulullah saw telah berjanji bahwa siapa saja yang ketika melakukan sebuah perjalanan untuk sebuah urusan diawali dengan “bismillah” maka Allah akan memberinya 3 hal. Pertama, Allah akan memberinya petunjuk. Dengan petunjuk dari Rabb kita bagaimana mungkin urusan kita meleset? Dengan petunjuk dari Rabb kita bagaimana mungkin kita tersesat dalam kegagalan?

Kedua, orang yang mengalawi urusan dengan “bismillah” Allah menghadiahkannya kecukupan. Dicukupkan kebutuhan kita dan keperluan kita. Lalu siapa yang bisa mencegah kita dari kekurangan sementara Allah yang menghadiahkan kecukupan?

Ketiga, Allah juga menghadiahkan penjagaan bagi siapa saja yang mengawali suatu perjalanan untuk sebuah urusan dengan “bismillah”. Betapa indahnya hidup seseorang yang dalam setiap perjalanannya dijaga oleh Allah. Dijaga dari keburukan, dijaga dari kesalahan, dijaga dari berbagai petaka. Bukankah tidak ada penjagaan yang lebih baik dari penjagaan Allah Swt?

Sahabat, yuk raih hadiah dari Allah berupa petunjuk, tercukupi dan penjagaan dalam setiap langkah perjalanan urusan kita. Sebabnya kecil tapi efeknya benar-benar besar. Awalilah sebelum kita berangkat menyelesaikan sebuah urusan atau mengerjakan sebuah urusan dengan doa di atas. Semoga Allah menghadiahi kita karena. Yuk Berubah!

 

Asep Supriatna

Inspirator #YukBerubah

One thought on “Sebab Kecil Akibatnya Besar

  1. blognya bagus tad, saya mau bikin begini gak jadi2 mulu. atau udah jadi tapi angin2an 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top