Tersandung Karena Pujian

“Wah, kamu hebat ya…”
“Subhanallah, keren banget tadi…”
“Kamu memang luar biasa, aku pingin deh sepertimu…”

Pernah mendengar kalimat di atas? Kalau pernah segera tundukan hati, karena tidak semua pujian itu baik. Justru sebaliknya banyak pujian yang mengantarkan pada kesombongan.

Coba saja, Anda lebih suka dengan pujian atau kritikan? Kalau ada yang memuji apa yang kita rasakan di dalam hati kita? Senang atau tidak? Sekarang bandingkan rasa di hati kita saat ada yang mengkritik kita. Bedan kan?

Ibnu Athaillah dalam kitabnya memberi kita nasihat: “Orang-orang memujimu karena apa yang mereka sangka ada pada dirimu. Maka celalah dirimu karena apa yang engkau ketahui ada pada dirimu.” (Ibnu Atha’illah, Al-Hikam)

Ya, pujian itu hadir karena sangkaan orang lain kepada kita. Mereka memuji kita, karena mereka menyangka apa yang mereka pujikan itu ada pada diri kita. Mereka menyangka kita lebih baik, lebih hebat, lebih keren dan lebih yang lainnya. Padahal, bisa jadi semua sangkaan itu sebenarnya tidak benar-benar ada dalam diri kita.

Sahabat, bijaklah terhadap pujian. Kalau ada yang memuji, sanggahlah. Bahwa sebenarnya kita ini lemah tak berdaya. Sampaikanlah bahwa sebenarnya kita bukan apa-apa, bukan siapa-siapa. Sanggahlah, bahwa kita sebenarnya banyak kekurangan dan kesalahan. Dengan begitu, pujian tidak akan membuat kita jadi menyombongkan diri.

Hati-hati juga dengan pujian, karena ia sering membuat kita lalai. Karena adanya pujian kita menjadi terperangkap dalam kehebatan diri kita. Kita lupa untuk terus memperbaiki diri, meningkatkan kebaikan diri dan kita seolah-olang sudah benar-benar hebat dan luar biasa. Padahal bisa jadi sebaliknya kan.

Pepatah mengatakan, “Orang yang mudah tersanjung, mudah tersandung.”

Ya, orang yang suka dipuji mudah sekali terjatuh. Orang yang gila pujian sebenarnya menunggu kehancuran. Maka, berhati-hatilah dengan pujian dan sanjungan. Karena hidup kita bisa tersandung karena pujian lalu terjatuh dalam kehancuran. Naudzubillah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top